Wisata Edukasi Kelas 7



Wisata Edukasi Kelas 7

Kamis, 19 Oktober 2017
Hari ini masuk seperti biasa, bedanya jika kita belajar di dalam kelas/ruangan, hari ini kita akan belajar diluar kelas/ruangan, lebih tepatnya PUSPITEK dan TMII. Jika biasanya kita membawa tas berisi buku, hari ini membawa berbagai barang-barang dan perlengkapan untuk ke laboratorium dan mengabadikan wisata edukasi ini dalam bentuk video.
Pada jam 06.40 kami melaksanakan apel pagi untuk berpergian, kami apel bersama kelas 9 yang juga pergi ke Bogor. Banyak dari kami yang mem-videokan beberapa momen saat apel, setelah diberi beberapa amanat dari para guru, tidak lupa do’a bersama agar selamat dan sehat selalu, kami pun meninggalkan sekolah menggunakan bus, penempatan murid dibagi per kelas, jadi satu bis satu kelas.

Selama diperjalanan kami menikmati alunan musik, makanan ringan, ada yang tertidur lalu dijahili oleh teman sebangkunya, hingga bergosip ria. Sesampainya di PUSPITEK, kami diberi LKS oleh masing-masing wali kelas untuk dikerjakan. Sebelum sampai, kami juga diinstruksikan untuk mengenakan jas lab.

Kami berkumpul di ruang auditorium, PUSPITEK memberi sambutan untuk para siswa-siswi SMP  Labchool Jakarta. Kami ditayangkan video tentang sejarah PUSPITEK, beberapa murid diantara kami juga diberikan kesempatan untuk bertanya seputar PUSPITEK.  Tidak lupa sebelum berpisah dengan kelas lain, kami berfoto bersama, tidak lupa beberapa dari  pihak puspitek ikut serta.

Setelah itu, kami naik ke bis masing-masing untuk menuju laboratorium masing-masing, kelas kami, 7D, mendapat Lab Bioteknologi. Kami diberikan informasi seputar bioteknologi, muali dari asal-usul, visi misi, alat-alat, manfaat, dll. Kami juga pergi ke greenhouse, kami melihat banyak tanaman, kami dijelaskan nama tanaman itu, kegunaan, cara merawat, waktu yang tepat untuk mengambil, tempat untuk menanam, dll. Setelah selesai, tidak lupa kami diharuskan untuk foto kelas di delas laboratorium masing-masing. Singkatnya, kami diberi sedikit waktu untuk makan siang dan juga untuk yang ingin ke toilet.

Kami berangkat ke TMII jam 12 kurang, selama diperjalan banyak yang tertidur karena keleahan dan mendengarkan lagu mellow, walau tidak menutup kemungkinan untuk beberapa diantara kami berisik, berteriak, dan bergosip. Karena terlalu aneh kelas kami, kami ganti baju angkatan di bis, tidak kok, gak ada yang mengintip.
Jam 2-an, kami sampai di TMII. Kami segera melaksanakan sholat bagi yang muslim, bagi yang non-muslim atau sedang haid, tetap di bis, tetapi kalau mau turun juga boleh kok. Setelah sholat, kita melanjutkan perjalanan ke SKY WORLD. Sesampainya di auditorium SKY WORLD, kami diberi sambutan oleh pihak sana. Kami diberi video tentang luar angkasa, agak panjang memang, tapi kami menikmatinya. Semuanya dijelaskan seperti bumi, Merkurius, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus. Tentang bagaimana udara disana, kehidupan, permukaan tanah, panasnya, meteor, jarak dari matahari dan sebagainya. Dan bagaimana panasnya matahari, hingga terlihat letupan yang sangat besar. Bagaimana planet-planet kecil mengitari matahari, cincin planet, bintang, dll.

Lalu kami masuk ke dalam SKY WORLD, kami melihat banyak keterangan tentang alam semesta; planet-planet, bintang, asteroid, matahari, meteor, tentang diameter, jarak dari matahari dll, lalu penemunya; nama, tanggal lahir, kisahnya, dll, dan astronot; pakaian, penjelasan, resiko, kelebihan, ada juga tempat untuk berfoto yang seakan-akan menggunakan baju astronot, dll. Ada juga mesin untuk mencari data tentang benda luar angkasa, miniature roket, pesawat, dsb.

Setelah lelah mengitari SKY WORLD, kami akan masuk ke ruangan 5D. Sebelum itu, kami harus menunggu kurang lebih 45 menit, karena memang tempat yang kecil, beberapa kami keluar mencari angin, ditambah lagi sedang hujan. Sambil menunggu yang lain, yang belum kebagian masuk, diberi snack pizza.

Semasuknya kami di ruang 5D, sangat dingin! Kami diberi kacamata, kami menggunakannya saat tayangannya dimulai, ada tiga baris, setiap baris ada 10 tempat duduk. Semulai tayangannya, kami diceritakan sebagai orang yang sedang naik rollercoaster, pokoknya seru banget deh! Kursinya juga bias bergerak ke kanan, kiri, naik, turun, dan menyender, pegangan kursi juga bias menyemrotkan air!
Selesainya kami dari 5D, kami masuk ke dalam planetarium, karena sudah penuh, saya dan beberapa teman yang lain duduk di tangga, ada juga beberapa yang pangku-pangkuan. Kami juga diperingati sebelumnya untuk tidak menyalakan senter ataupun foto atau video menggunakan flash. Tayangan dalam planetarium, bagaimana bentuk bumi dari sisi jam 10 pagi, jam 8 malam, yang terlihat berbeda. Lalu di malam hari terlihat banyak bintang bertaburan di langit, setelah dilihat lagi, bintang-bintang itu terlihat seperti membuat pola, rasi bintang. Mulai dari Aquarius, Libra, Scorpio, Pegasus, Carpicorn, Saggitarius, Leo, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Virgo, dan banyak lagi. Bintang-bintang bertaburan itu di-zoomout, bintang-bintang itu membentuk Milky Way. Setelah dijelaskan beberapa tentang luar angkasa, waktunya pun telah berakhir.

Sebelum pulang, kami diberi waktu sedikit untuk yang ingin makan cemilan, ke toilet, dan istirahat. Kami pun berbaris mengantre untuk masuk ke bis masing-masing. Sebelum meninggalkan TMII, tidak lupa kami sholat Ashar terlebih dahulu, karena waktu memang terdesak, mendengar bunyi adzan Maghrib, kami langsung menunaikan sholat Maghrib berjamaah.

Setelah sholat Maghrib, kami kembali ke bis masing-masing untuk kembali ke sekolah. Selama di perjalanan banyak dari kami yang tertidur pulas karena memang sangat melelahkan. Sekitar jam 7-an kami telah sampai disekolah.


Ditulis : Shabha Khalisha Angky (36) - 7D

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mudik + Dufan + Wanna One = PERFECT!

MPLS di SMP Labschool